Minggu, 09 Oktober 2011

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Mendukung Perekonomian Nasional dalam Hal Kesehatan

Penggunaan PDA dan tablet PC di dunia kesehatan



kesehatan merupakan bagian terpenting dalam hidup ini. oleh karena itu, dunia kesehatan dituntut lebih profesional dalam menangani setiap masalah kesehatan yang dihadapi setiap masyarakat. Rumah sakit berupaya memperbaiki pelayanan klinis yang lebih bermutu dengan memperhatikan standart dan prinsip-prinsip keselamatan pasien.
teknologi informasi memberikan berbagai macam alternatif yang mendukung setiap aktifitas medis diantaranya penggunaan teknologi portabel seperti PDA dan tablet PC dilingkungan rumah sakit. alat ini mempunyai berbagai fungsi diantaranya untuk menyimpan buku elektronik tentang standar pelayanan klinis atau daftar obat. Selain itu alat ini dapat berintegrasi dengan sistem informasi klinik sehingga pada masa mendatang akan semakin potensial mengganti peran status rekam medik yang saat ini masih banyak dalam bentuk kertas. alat ini juga berfungsi sebagai pedoman untuk mendiagnosa penyakit dan terapi terapi, interpretasi laboratorium, interpretasi radiologis, interaksi obat, dan sejenisnya dalam format elektronik untuk PDA. alat ini tentu bermanfaat karena mudah digunakan, tersedia, mudah diakses dan mudah ditransfer baik secara bluetooth maupun infrared.
Keuntungan eText dan eBook ini diantaranya adalah fleksibilitas dan portabilitas. Fleksibel karena teks dan buku format elektronik ini dapat dibaca dengan berbagai perangkat baca seperti komputer dengan berbagai sistem operasi (PC/Windows, Mac, BSD, Linux), PDA/PDA Phone (Palm, Windows Mobile, Linux Mobile), Smartphone (Symbian), dan beberapa ponsel biasa serta MP3/MP4 player dapat pula membaca format .txt. Asal perangkat pembaca tersedia, portabilitasnya membantu kita dapat membaca teks/buku elektronik dimana saja dan kapan saja, termasuk untuk melenyapkan saat menunggu yang membosankan.
dengan adanya alat ini, pihak rumah sakit dapat bekerja lebih baik dan dapat melayani masyarakat dalam hal kesehatan khususnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar