Senin, 26 September 2011

Langkah Perusahaan dalam Melakukan Perekrutan Tenaga Kerja.

   Dalam suatu perusahaan yang maju, biasanya sumber daya manusia yang memadai dan mempunyai skill yang mempuni merupakan bagian terpenting dari kemajuan perusahaan. karena pegawai tersebut akan diberikan suatu tanggung jawab yang besar dalam menangani setiap bidang dalam perusahaan tersebut. untuk itu, perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja sering mengandalkan manajemen sumber daya manusia. manajemen sumber daya manusia dapat berfungsi sebagai organisasi yang memasok tenaga kerja atau orang-orang yang tepat untuk ditempatkan diberbagai posisi di perusahaan tersebut. 
   Untuk itu, departemen yang menangani masalah tenaga kerjaan tersebut memiliki peran, fungsi, dan tanggung jawab. diantarnya adalah melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja. persiapan yang dilakukan berupa penentuan jumlah karyawan dalam setiap bidang yang ada dan memperhatikan hukum dalam ketenaga kerjaan. setelah melakukan berbagai persiapan, tahap selanjutnya yaitu melakukan perekrutan ketenaga kerjaan untuk mencari calon pegawai yang akan ditempatkan disetiap perusahaan yang membutuhkan. disini setiap calon pegawai akan mendapatkan beberapa seleksi. setiap calon pegawai terlebih dahulu mengajugkan lamaran dan daftar riwayat hidup atau CV. setelah itu masing-masing calon pegawai mendapatkan beberapa test berupa test tertulis, wawancara, dan proses seleksi yang lainnya.
   Setelah calon pegawai dinyatakan lulus, maka calon pegawai tersebut akan mendapatkan beberapa pelatihan dan penyuluhan seputar perusahaan yang akan dia tuju sesuai dengan bidangnya masing-masing. setelah dinyatakan dapat menguasai bidangnya tersebut, calon pegawai bisa disalurkan kesetiap perusahaan. sebelum memulai pekerjaanya, pegawai akan mendapatkan interview mengenai gaji bulanan yang diterima calon pegawai tersebut. disini calon pegawai tersebut akan mendapatkan gaji sesuai standard upah minimum yang ditetapkan pemerintah. ataupun calon pegawai mendapatkan upah yang besar sesuai dengan kemampuan yang diyakini sangat mempuni.
   Untuk itu, dari sekian banyak persiapan yang dilakukan hingga ke tahap penyaluran, manusia harus dipersiapkan dan diatur sesuai dengan kebutuhan yang ada sehingga dapat disalurkan dan dipekerjakan ke setiap perusahaan yang membutuhkan pegawai tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar